Rabu, 29 Desember 2010

10. Apa yang dimaksud dengan malware ? sebutkan perbedaan antara virus, worm, dan Trojan?

Malware adalah Perangkat perusak berasal dari kata malicious dan software adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin dari pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik.[1] Istilah ‘virus computer’ terkadang dipakai sebagai frasa pemikat (catch phrase) untuk mencakup semua jenis perangkat perusak, termasuk virus murni (true virus).

Cara kerja virus ini adalah:

· Mengunjungi halaman Web yang terinfeksi (di situs orang lain, bukan situs Anda sendiri) yang banyak virus ke komputer pribadi.

· Memeriksa virus komputer untuk melihat apakah Anda menggunakan program FTP umum, dan apakah telah mengatakan program-program tersebut untuk menyimpan username dan password.

· Mengirimkan nama pengguna dan sandi ke server yang dikendalikan oleh “hacker”.

· Para hacker membuat koneksi FTP otomatis ke server kami dan mendownload file HTML atau PHP yang mereka temukan.

· Mereka memodifikasi file-file untuk menambahkan kode HTML (suatu “iframe” tag) yang menyebar virus, kemudian meng-upload file yang berubah kembali ke server kami.

· Situs Anda mulai menyebarkan virus ke korban baru.

· Dalam beberapa hari, situs Anda akan ditandai sebagai “Situs ini mungkin berbahaya bagi komputer Anda” di Google, menyebabkan jumlah pengunjung menurun secara dramatis.

Perbedaan Virus, Worm, dan Trojan

Virus biasanya disertakan pada program atau file, file inilah yang membantu penyebaran virus dari komputer ke komputer dan menginfeksinya. Virus komputer ini memiliki tingkat bahaya yang beragam, yang seperti diketahui diantaranya virus dapat meruksak software, hardware maupun data-data.
worm secara rekaannya sama dengan virus. Tetapi bedanya adalah worm ini merebak dari komputer ke komputer lain meskipun tanpa bantuan user sebagai pengguna komputer. Worm memanfaatkan file atau skrip transportasi informasi sistem komputer yang memungkinkan berpindah tanpa bantuan user. sesuatu mengerikan dari kemampuan worm ini adalah worm mampu menduplikasi dirinya sendiri menjadi banyak. Contohnya Worm mampu mengirimkan duplikasinya keseluruh user yang terdaftar pada address book e-mail sistem yang telah terinfeksi tersebut. Setelah berhasil, worm kembali menduplikasi dirinya sendiri dan mengirim lagi satu copy ke setiap user yang ada di address book komputer yang baru saja diserang dan seterusnya.

Trojan horse sama seperti software biasa. Setelah di install atau dijalankan, program tersebut bisa meruksak sistem. Ketika Trojan sudah aktif, dampak yang ditimbulkan bermacam-macam, ada yang merubah penampilan desktop, icon sampai menghapus file tertentu didalam system komputer. Trojan juga dapat membuat backdoor pada komputer yang terinfeksi yang membuat user lain memiliki akses pada komputer tersebut. Tidak seperti virus dan worm, trojan tidak memproduksi dirinya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pke bhsa yang baik dan bnar och!